Internship di Furukawa Electric: Motivasi

Alhamdulillah saya berhasil melalui hari ketiga untuk internship di perusahaan ini. Saatnya saya mulai share apa yang saya dapat di sini. Kali ini tentang masalah motivasi. Awalnya motivasi saya untuk memilih perusahaan ini adalah karena saya sudah berencana untuk pulang idul fitri tahun ini,dan itu membuat lowongan internship yang bisa saya apply dengan bantuan rekomendasi dari jurusan saya jadi terbatas. Furukawa electric termasuk perusahaan yang bisa saya apply. Selain alasan itu dan juga bahwa saya mendapat bayaran dari internship (sori bos, mahasiswa lapar ini masih pengen tambahan uang jajan :-D) ini ada beberapa hal yang menarik dari perusahaan ini yaitu:

  1. Furukawa Electric sebagai perusahaan produsen kabel

Perusahaan ini memiliki sejarah panjang sejak 1884 (orang HRD selalu emphasize angka ini 😀 )di bidang pengolahan logam, produksi kabel, wire, optic fiber, dan banyak bidang pengolahan banyak lagi produk-produk dengan panjang berkilometer-kilometer. Yang selalu dititikberatkan dari cara produksi barang seperti itu adalah bagaimana cara agar barang tersebut bisa dibuat secara kontinyu dan efisien. Maksud kontinyu di sini adalah ketika suatu bahan selesai di satu tahap, dia akan langsung masuk ke tahap berikutnya. Misalnya ketika kita membuat sebuah kabel, pertama kita kita buat kawat tembaganya, lalu kita lapisi dengan misalnya lapisan anti korosi. Alangkah tidak efisiennya jika kita buat kawat tembaganya sampai habis, kita gulung kabel, lalu gulungan itu digelar lagi untuk diberi lapisan. Maka di perusahaan ini, kabel yang keluar dari furnace langsung masuk ke proses pelapisan, baru setelah itu digulung.

Prinsip produksi secara kontinyu ini juga pernah saya pelajari di bidang saya, chemical engineering. Proses-proses kimia dengan skala besar umumnya mengadopsi sistem produksi kontinyu demi efisiensi energi dan otomatisasi. Lalu ada juga bahan fine chemical seperti farmasi yang biasanya mengadopsi sistem batch untuk memperoleh kemurnian tinggi. Ketika kita akan mengembangkan satu proses kimia baru, kita akan mempertimbangkan apakah kita akan mengadopsi sistem batch atau kontinyu. Saya sendiri baru melihat proses yang memiliki kecenderungan kontinyu yang tinggi di Furukawa Electric ini. Ketika akan mengembangkan satu proses baru di perusahaan ini, langsung dipikir bagaimana cara meng-kontinyu-kan proses tersebut. Nalar para peneliti di sini sangat kuat untuk hal ini dan saya merasa belajar banyak dari mereka.

2. Bidang yang jarang disentuh di jurusan di universitas

Bidang saya, chemical engineering adalah bidang yang maju bersamaan dengan kemajuan pengolahan bahan bakar fosil, mulai dari refinery sampai produksi energi dan juga pembuatan bahan-bahan kimia yang berasal dari bahan akar fosil (petrokimia). Akibatnya, prinsip-prinsip yang kami pelajari biasanya disertai dengan aplikasi di dunia petrokimia dan energi. Jarang sekali prinsip-prinsip teknik kimia diarahkan ke pengolahan logam seperti yang sekarang dikerjakan oleh Furukawa Electric. Dengan keyakinan saya bahwa prinsip-prinsip teknik kimia bisa dipakai di banyak bidang termasuk bidang-bidang yang digeluti Furukawa Electric, saya apply perusahaan ini. 3 hari di sini, saya sudah mulai bisa membuktikan keyakinan saya tersebut.

3. Concern Furukawa Electric pada karyawan yang beragama Islam

Ini termasuk faktor utama yang membuat  melirik perusahaan ini. Jarang ada perusahaan jepang yang secara terang-terangan mengumumkan niatnya untuk memberi perhatian khusus pada karyawan yang beragama Islam. Mungkin ini berkat mulai tahun ini ada dua orang seniorku yang aktifis di masyarakat muslim di Kanto area yang bergabung di perusahaan ini. Sejak  berkontak dengan pihak HRD, mereka sudah bilang untuk menyediakan tempat sholat, memperhatikan makanan, puasa, termasuk juga memberi izin saya untuk memperpanjang jam istirahat di hari jumat untuk cari tempat sholat jumat di kota lain. Akhir-akhir ini, Jepang, yang mulai menyadari bahwa ekonomi mereka di masa depan akan tergantung salah satunya pada negeri-negeri muslim mulai memperlihatkan perhatian mereka pada cara hidup muslim, termasuk ekonomi syariah, makanan halal, dan juga seperti halnya yang dikerjakan oleh Furukawa Electric ini agar karyawan muslim bisa dengan tenang bekerja di tempat mereka.

Kadang agak sedih rasanya mendengar kenyataan di anak perusahaan jepang di Indonesia, para petinggi orang Indonesia di situ sering melonggarkan waktu sholat, makanan, dan minuman keras ketika berurusan dengan expat jepang yang sedang lawat ke Indonesia maupun ketika orang Indonesia ini berdinas ke Jepang. Alasan mereka menghormati orang Jepang. Padahal selama saya di Jepang, saya sering membuktikan bahwa orang Jepang sering lebih hormat pada orang-orang yang menjaga prinsipnya. Yang penting adalah bagaimana kita mengkomunikasikan prinsip Islam yang kita anut, tentunya itu membutuhkan pemahaman atas Islam itu sendiri.

4. Furukawa Electric sebagai perusahaan infrastruktur

Di penjelasan tentang company profile oleh orang-orang HRD, saya baru tahu bahwa kabel-kabel di NTT (Nippon Telephone and Telecomunication, semacam Telkom nya Jepang), dan JR (Japan Railways), Tepco (PLN di Jepang) disupply oleh perusahaan ini, dan untuk beberapa produk parts di computer seperti cooler, Furukawa Electric adalah pemegang share terbesar. Indonesia, yang sekarang pelan tapi pasti sedang bergerak memperbaiki diri termasuk infrastrukurnya, cepat atau lambat akan membutuhkan beribu-ribu kilometer kabel listrik, optic fiber dan sebagainya. Saya jadi berpikir mungkin dengan masuk perusahaan ini, menyerap ilmu darinya lalu menyumbangkannya ke Indonesia, baik sebagai karyawan di sini maupun dengan pindah ke perusahaan BUMN seperti PLN, siapa tahu akan jadi kontribusi bagi pembangunan di Indonesia. Ini membuat saya berpikir untuk memasukkan perusahaan ini ke list perusahaan yang akan saya apply ketika masa mencari kerja bulan Desember nanti.

PS. Thanks for Agyl Senpai for his hospitality.

Advertisements

About chemieingenieur

Let me introduce myself. My fullname is Baharuddin Maghfuri. I was born in 1988 in the city of Magelang, Indonesia. I spent my early childhood until my highschool in that peaceful small city. After that I study in Bandung Institute of Technology for just one semester. I hope you don’t think I dropped out. Ministry of Education, Culture, Sport and Technology of Japan gave me a big opportunity to study in undergraduate program in japan. And now, I live in Japan, studying Chemical Engineering in Tokyo Institute of Technology. I hope everything will be alright and I’ll complete the undergraduate degree in 2011, then just continue onto Master Degree with qualification Chemical Engineering. Most of my interests are related with my study, photography, pop music and computers: - Chemical engineering in undergraduate level, such as Stoichiometry, Thermodynamics, Transport Phenomena etc. - Studying languages – I am able to communicate in English, Japanese, Indonesian. Now I’m trying to learn Germany. - I love to spend my free time hang out with my friends from Indonesia and taking pictures. - The C Programming and other codings also makes me happy and of course blogging at time to time. But nowdays, beside doing my interests, Indonesian community here asked me to work with them in some volunteer activities. The followings are some of them. You might find my name in their sites. 1. Kammi Jepang 2. PMIJ 3. PPI Tokodai 4. KMII Jepang and so on.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Internship di Furukawa Electric: Motivasi

  1. nur asriah says:

    hello maghfuri 🙂

    saya suka sekali dengan tulisan anda tentang proses pembuatan kabel disini ^_^
    I’m a chemical engineer too

    sukses ya studinya,,,

    • chemieingenieur says:

      Waduh makasih banget mba Nur sudah mampir. Iya, sy makin sadar kalo chemical engineering tu bener2 applicable di banyak bidang, termasuk pembuatan kabel ini.

      Salam takzim sbg sesama chemical engineer 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s